4 Manfaat Belajar Renang Untuk Anak

Saat ini sepertinya semakin banyak orang tua memasukkan anaknya ke kursus renang. Tentu saja bukannya tanpa alasan, karena berenang memberikan banyak manfaat positif bagi anak-anak. Ingin tahu apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini:

     1. Melatih Disiplin

Les renang biasanya mendidik murid-murid untuk disiplin mulai hal yang kecil contohnya datang tepat waktu, menyelesaikan salah satu teknik renang dalam jangka yang telah ditentukan, disipin melakukan pemanasan agar tidak kram, dan sebagainya. Dengan terbiasa disiplin, tak heran bila kebiasaan baik ini akan terbawa dalam kegiatan sehari-hari anak.

     2. Membentuk Tubuh

Berenangbukan hanya membentuk kedisplinan, namun juga membentuk tubuh anak. Saat ini banyak anak sekolah membawa beban ransel yang terlalu berat sehingga posturnya menjadi kurang tegap/cenderung bungkuk. Dengan berenang, kekurangan tersebut dapat diperbaiki.

    3.Membuat anak jadi Sehat

Bagi penderita asthma, berenang merupakan olahraga yang dianjurkan karena dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Kelebihan lainnya, renang juga merupakan olahraga kardiovaskular yang sangat baik untuk meningkatkan denyut jantung, melancarkan sirkulasi darah, dan membangun kekuatan otot.

   4.Mengurangi stress pada anak

anak-berenangPada umumnya anak-anak sangat menyukai bermain dengan air. Les renang bisa menjadi kegiatan yang menggembirakan bagi anak sekaligus melepaskan ketegangan setelah kegiatan belajar di sekolah. Renang dapat membuat anak menjadi rileks dan bugar sehingga menjauhkannya dari stress.

Bagaimana Bunda, sudah mempertimbangkan si kecil untuk ikut les renang? Berenang dapat dimulai sejak usia dini. Kini bahkan banyak les renang yang membuka kelas renang untuk bayi dan balita lho Bunda. Beberapa alat yang bisa Bunda siapkan sebelum si kecil masuk les renang antara lain adalah tutup kepala, kacamata renang / goggles dan pelampung bila diperlukan. Pilih juga les renang yang fasilitasnya memadai serta instruktur yang telaten. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.