5 Kata Ajaib yang Mesti Diajarkan Pada Buah hati Sejak Dini

By | August 11, 2015

Bunda, anak ibarat kertas putih kosong, bagaimana isinya tergantung kita sebagai orang tua yang melukis diatasnya. Memiliki anak yang sopan, berakhklak mulia, sholeh dan sholeha pasti menjadi idaman setiap orang tua. Tentu saja untuk mencapainya perlu teladan yang baik dari ayah dan bunda. Berikut 5 kata ajaib yang dapat diajarkan sejak dini agar si kecil tumbuh menjadi anak yang sopan dan berakhklak baik.

1. Tolong. 

Bunda sebaiknya membiasakan berkata “tolong”  saat berbicara pada si kecil atau anggota keluarga lainnya. Mintalah juga anak untuk melakukan hal yang sama. Membiasakan anak berkata “tolong” secara bawah sadar akan membuat mereka bersifat rendah hati dan bisa mengontrol diri.

2. Terimakasih

Yang tak kalah penting lagi adalah mengajarkan anak mengucapkan “terimakasih” saat menerima pemberian atau pertolongan dari orang lain. Jangan lupa Bunda juga harus memberi contoh yang sama. Ucapan “terimakasih” dapat membuat anak bersemangat dan merasa perbuatannya dihargai.

3. Maaf

Melatih anak berkata “maaf” saat melakukan kesalahan membuat mereka menjadi manusia yang berani menerima konsekuensi dan berjiwa besar. Jika terbiasa mengucap kata “maaf”sejak kecil, InsyaAllah mereka tidak akan tumbuh menjadi pribadi yang sombong dan arogan di kemudian hari.

4. Salam dan sapa

Dalam Islam, salam berarti sebuah do’a, maka membiasakan anak mengucapkan kalimat salam berarti mengajari mereka untuk senantiasa mendoakan orang-orang yang mereka cintai. Ajarkan juga anak untuk menyapa orang lain misalnya selamat pagi tante, hai dek, apa kabar nenek dll untuk menebarkan aura kegembiraan pada sesama.

5. Permisi

Mendidik anak agar memiliki sopan santun juga bisa dilakukan dengan mengucap kata “permisi”. Kata ajaib yang satu ini membuat anak terbiasa menghargai orang lain dan mengontrol anak agar tidak berlaku seenaknya.

Melatih anak mengucapkan 5 kata ajaib ini haruslah dimulai sejak dini agar terbentuk karakter yang baik. Bunda bisa memulainya sejak mereka berusia 3 tahun. Di usia yang muda, mungkin anak-anak belum sepenuhnya mengerti arti kata-kata yang diajarkan, tapi seiring berjalannya waktu anak-anak akan memahami dan hal-hal positif tersebut akan mengakar dalam diri mereka. Selamat mempraktekkan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.