Manfaat Qurban Bagi Pendidikan Si Buah Hati

By | September 19, 2014

kambing-qurbanBunda, sebentar lagi Hari Raya ‘Idul Adha akan segera tiba. Sudah selayaknya jika mampu kita menunaikan kewajiban qurban dengan penuh keikhlasan tanpa ada paksaan dan menjauhi sifat riya. Kewajiban ini sebaiknya tidak ditunda-tunda karena kriteria yang disebut “mampu” adalah bila kita memiliki kelebihan rizqi berupa harta senilai harga hewan kurban baik kambing maupun sapi.

Berqurban juga memiliki banyak manfaat berkaitan dengan pendidikan bagi putra dan putri kita. Apa sajakah manfaatnya, berikut beberapa diantaranya:

  1. Menumbuhkan rasa kasih sayang anak kepada sesama
    Saat berqurban kita bisa membimbing anak untuk ikut memberi daging qurban kepada orang yang tidak mampu. Kegiatan mulia ini dapat menumbuhkan rasa kasih sayang dan kepeduliannya kepada sesama.
  2. Mengajari anak untuk gemar memberi
    Telah menjadi sifat kebanyakan dari kita untuk selalu merasa kurang meskipun berkelimpahan rizqi. Dengan berqurban, kita mengajari buah hati untuk tidak kikir, mau mengeluarkan sebagian hak orang lain dan melatihnya untuk gemar memberi tak hanya pada momen-momen besar saja namun juga di keseharian.
  3. Mendidik anak untuk taat kepada Allah
    Qurban adalah perintah Allah SWT kepada kita sebagaimana diperintahkan kepada Nabi Ibrahim. Maka jika Nabi Ibrahim taat dengan perintah Allah SWT untuk menyembelih puteranya, semestinya kita harus taat pula menyembelih hewan qurban.  Jika melihat orangtuanya berqurban, anak akan belajar tentang pentingnya ketaatan pada perintah Allah SWT.
  4. Melatih anak untuk senantiasa memberi kebahagiaan pada orang lain
    Qurban memiliki banyak keutamaan karena dapat membahagiakan mustahiq (penerima daging hewan qurban), membahagiakan panitia Qurban, membahagiakan para tukang potong hewan, penjual hewan qurban dan tentu saja membahagiakan bagi si pekurban karena mendapat pahala dan ridha dari Allah SWT.
  5. Membuat anak mengerti tentang sejarah Qurban.

Dengan berqurban, kita dapat menjelaskan kepada anak tentang pengorbanan nabi Ibrahim as. Mempelajari kisah sejarah mengenai kemuliaan seperti ini dapat memperkaya pengetahuan agama mereka sekaligus mempertebal keyakinan kepada sang Pencipta.

Nah demikian beberapa manfaat qurban bagi pendidikan buah hati kita. Sungguh sayang jika kita melewatkan momen penting ini, oleh karenanya mari berqurban bila telah cukup rizqi yang diberikan oleh Allah SWT. Selamat Hari Raya Idul Adha 1435 H..

Leave a Reply

Your email address will not be published.