MASJID RAMAH ANAK – Semoga Semakin Banyak di Negeri Ini

By | October 17, 2017

Anak Balita belum kena kewajiban sholat, namun alangkah baiknya kita sebagai orang tua mengenalkan sholat sejak dini. Biasanya, anak balita lebih mudah diajak sholat berjamaah di masjid. Bagi mereka, sholat di masjid adalah kebahagiaan tersendiri, selain bertemu teman-temannya, anak usia balita biasanya senang bermain di ruangan yang luas.

Walau di masjid belum tentu mereka tertib sholat, namun jika ada Masjid Ramah Anak, alangkah bahagianya kita sebagai orang tua yang beriman. Namun realitanya, masih banyak masjid yang belum ramah anak. Bahkan beberapa masjid justru melarang membawa anak balita.

Lalu apa yang bisa kita Lakukan?
Jika kita bisa mengupayakan masjid disekitar kita menjadi masjid ramah anak, maka itu sangatlah baik sekali. Apalagi jika kita memegang peranan penting di masyarakat, maka hal ini adalah salah satu jalan dakwah, untuk membangun generasi penerus yang cinta masjid.

MASJID-RAMAH-ANAK-DI-TURKISalah satu cara untuk memberi kenyamanan bagi anak-anak adalah dengan menyediakan playground di salah satu area masjid. Ada beberapa masjid yang menyediakan playground untuk anak-anak, khususnya yang belum bisa ditertibkan sholatnya, misal anak usia balita. Mereka bisa dikondisikan untuk bermain di lingkungan Playground tersebut.

Salah satu contoh adalah masjid Salman ITB, masjid ini menyediakan playground untuk sarana bermain anak-anak. Tujuannya untuk menciptakan kesan positif masjid bagi anak-anak. Berikut ini adalah ungkapan bijak dari Kamal Muzakki selaku Direktur Rumah Amal Salman.

“Seperti jika kita ingin memakan beras, kita perlu menanam padinya, sangat penting memberi ruang anak-anak bisa bermain dan berkembang didalam Masjid, kalau tidak begitu jangan berharap kita bisa memanen pemuda-pemuda pejuang, ta’lim remaja, dan pergerakan Islam lainnya.”

“Resiko gaduh dan berantakan itu pasti ada, tapi memang itulah tujuan utamanya, agar anak-anak punya kesan positif terhadap masjid, karena kalau tidak ada anak-anak di Masjid, siapa yang akan meneruskan perjuangan?” Lanjut Kamal.

Bagaimana jika kita belum bisa mengupayakan Masjid Ramah Anak dilingkungan Kita?

Jika kita belum bisa mengupayakan masjid ramah anak, kita masih bisa mendoakan. Bukankah Allah Maha Pengabul Doa? Bukankah Allah Maha Mendengar bisikan hati hambaNya.

Atau anda bisa juga menebar wacana dengan cara yang santun, melalui berbagai media. Misal melalui obrolan ringan, melalui momen arisan RT dan banyak lagi. Anda juga bisa menyebarkan info melalui media sosial, misalnya dengan share artikel-artikel yang berhubungan dengan tema Masjid Ramah Anak.

Bagaimana Ayah dan Bunda? Apakah dilingkungan sekitar sudah ada Masjid Ramah Anak?

Semoga generasi penerus kita adalah generasi cinta masjid. Generasi yang membangun sholat berjamaah di masjid. Aamiin Ya Robbal Alamiin.(STA)

Referensi:

Jangan Lupa Share Ya!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *