Berjualan Online itu ternyata MUDAH!

Berjualan Online itu ternyata mudah ya…asal tahu caranya. Yuk, simak artikel berikut ini.

Seiring perkembangan zaman, pola pemasaran di masyarakat juga mulai berubah. Misalnya, jika dulu orang-orang lebih menyukai jual beli secara langsung atau bertatap muka, maka sekarang hal itu sudah mulai ditinggalkan. Mereka lebih memilih untuk jual beli secara online. Jual beli secara online ini menjadi sebuah trend baru di masyarakat.

MEMULAI BERJUALAN ONLINE

Berjualan online itu mudah. Kuncinya adalah konsisten. Bisa dimulai dari memanfaatkan sosial media yang kita punya. Dengan adanya sosial media tersebut, dapat membuat transaksi jual beli kita menjadi lebih cepat. Namun sayangnya, belum banyak yang memanfaatkan sosial media mereka dengan maksimal.

MENCARI PRODUK YANG AKAN DIPASARKAN

Bagaimana memulai berjualan secara online? Yang pertama harus kita siapkan adalah produk. Banyak yang bingung mengenai produk apa yang akan mereka jual nanti. Dan masalahnya, jika harus stok barang, maka akan membutuhkan modal yang cukup banyak juga.

Nah, jadi saran dari kami untuk yang memiliki modal minim adalah menjadi reseller dropship. Sekarang banyak produsen yang menerima reseller dengan modal minim ataupun tanpa modal sekaligus. Selain itu, dengan menjadi reseller tersebut kita bisa mendapatkan produk tanpa harus stok barang sendiri. Jadi lebih simpel kan.

POSTING DI SOSIAL MEDIA

Selanjutnya adalah media untuk memulai berjualan online. Seperti yang kita bahas di awal tadi, kita bisa memanfaatkan sosial media yang kita punya. Misalnya jika kita hanya punya akun Facebook, bisa memulai dengan rajin posting produk di akun Facebook tersebut. Jumlah postingan perhari juga tergantung kita, bisa posting setiap hari sekali, dua kali, boleh juga sehari 5 kali. Sesuaikan dengan kemampuan masing-masing ya.

Selain itu, kita juga bisa rajin menambahkan teman yang sesuai dengan target market kita. Jika kita menjual produk mukena anak misalnya, maka target market kita adalah wanita atau ibu-ibu yang memiliki anak. Jadi kita harus sering menambahkan wanita atau ibu-ibu ang memiliki anak menjadi teman agar pertemanan kita semakin luas dan market kita juga semakin luas.

KUNCI SUKSES, KONSISTEN!!!

Pada intinya berjualan online itu adalah konsisten. Jika ingin postingan kita beragam atau tidak melulu mengenai produk. Maka kita bisa selingi dengan postingan info-info menarik yang sesuai target market juga. Misalnya bisa share mengenai resep-resep masakan, tips parenting ataupun yang lainnya.

Biasanya ibu-ibu suka tentang tips parenting ini, karena sesuai dengan masanya mengasuh anak. Materi-materi postingan tersebut bisa kita copas aja dari Google, Tiktok, ataupun dari sosial media lain, yang terpenting adalah cantumkan sumbernya. Karena tidak semua orang bisa membuat kata-kata atau copywriting, maka lakukan semampunya saja.

HANYA BISA BERJUALAN VIA WHATSAPP SAJA?

Nah, jika ada yang bilang, “Saya nggak punya akun Facebook ataupun yang lain. Saya hanya punya WA saja. Bisa nggak ya jualan lewat WA saja?”. Jawabanya adalah BISA BANGET. Sekarang ini WA pun juga menjadi salah satu media untuk jual beli online. Di Whatsapp ada fitur WA story yang bisa kita gunakan sebagai media jual beli online.

Sehari kita bisa posting 1 sampai 20 story di jam yang berbeda atau sesuai kemampuan kita. Yang terpenting tetap konsisten posting. Tidak harus postingan produk terus. Namun, bisa juga dikombinasikan dengan postingan lain misalnya quotes parenting yang simpel. Selain itu juga bisa ambil teks di Google. Terkadang jika story WA berupa teks akan membuat orang kepo dan membuka postingan kita.

Alhamdulillah, ternyata mudah kan berjualan online? InsyaAllah kalau rejeki tak akan kemana, sudah banyak ibu rumah tangga yang membuktikan bahwa dengan rajin dan konsisten bisa menghasilkan jumlah yang cukup lumayan.

Yuk, segera mulai jualan online…

PELUANG USAHA DARI RUMAH TERBARU 2022 – COCOK UNTUK IBU RUMAH TANGGA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.